AIR TERJUN


ALKISAH di sebuah kerajaan akan diadakan suatu perlombaan? Raja tersebut menginginkan sebuah perlombaan yang beda dari yang pernah ada sebelumnya, untuk itu semua menteri dan para pekerja diistana mulai mencari cari perlombaan apa yang cocok sesuai yang dikehendaki oleh raja. Akhirnya salah satu menteri kerajaan mempunyai usul tentang perlombaan apa yang cocok. Menteri itu mengusulkan untuk mengadakan perlombaan menyeberangi air terjun dengan hanya menggunakan seutas tali baja yang di lintang kan dari tepian utara dengan tepian selatan.

Akhirnya rajapun menyepakati usulan tersebut ,karna perlombaan tersebut dianggap perlombaan yang menarik dan menantng..agar peminat peserta banyak raja meberikan sebuah hadiah rumah+ladang yang cukup luas untuk para peserta yang dapat berhasil menyeberangi air terjun tersebut..rencana itupun ternyata berhasil mengundang banyak peserta. Sejak dimulai hari pertama sudah banyak peserta yang mencoba perlombaan tersebut tapi semua gagal. Dan banyak peserta yang luka berat karma jatuh dari air terjun tersebut.

Hingga semua penonton mengira tidak ada yang mungkin sanggup untuk menyeberangi air terjun tersebut dikarnakan bbegitu cukup sulit dan angin yang cukup kencang yang membuat keseimbangan para peserta goyah. Hingga suatu saat muncullah seorang pemuda dengan pengalamannya dan keahliannya dia mulai menapaki tali baja tersebut dengan tenang dan mantap. Ketika sampai ditengah perjalana , semua penonton semakin takjub, mengingat peserta yang lain sudah berguguran sebelum sampai ditengah perjalanan itu. Perlahan namun pasti peserta ini memasuki tiga perempat bagian perjalanan. Sejenak dia terhenti akibat goyangan yangmerusak keseimbangan tubuhnya. Tampak nya angin yang kuat sangat mempengaruhi usahanya menyelesaikan penyebrangan di air terjun itu.
Tapi akhirnya dengan ketenangan nya,kosentrasi dan motivasi yang tinggi si pemuda tersebut berhasil menyeberangi air terjun tersebut. Dengan disertai tepuk tangan peserta dan sorak sorai yang begitu meriah. Tapi disamping itu semua ada seorang penonton yang berkata ; “keberhasilan mu itu Cuma factor keberhasilan saja, gimana kalau kamu kembali lagi menyeberangi ke tenpat asal tantang seorang penonton” .
Pemuda itu menerima tantangan tersebut dan berkata kepada para penonton ;”apakah saudara-saudara percaya saya bias melakukan hal itu?” karma semua penonton tadi sudah menyaksikan bagai mana berhasilnya si pemuda tersebut dalam menyeberangi air terjun tersebut para penonton pun serentak mengatakan “ Percaya”.si pemuda pun bertanya lagi “kalau saudara saudara percaya saya mampu melakukan hal ini, maukah di antara saudara saudara yang bersedia untuk bersama-sama saya untuk menyeberangi air terjun ini saya akan menggendong saudara?”. Semua penontonpun terdiam .”Ayoo adakah diantara saudarasaudara yang berani tantang si pemuda. Kembali semua penonton tidak ada yang menjawab.. Dalam keheningan tersebut tiba tiba seorang anak kecil yang menyeruak kerumunan massa dan mengatakan saya bersedia. Akhirnya perjalananpun dimulai dengan si pemuda menggendong anak tersebut dan tampaknya memakan waktu 2 kali lipat dari perjalanan pertama kali tadi. Melewati setengah perjalanan penonton bersorak dengan keyakinan akan tiba di seberang dengan selamat.
“sungguh pertunjukan yang luar biasa!” ujar para penonoton. Akhirnya tibalah si pemuda tersebut dengan anak kecil dengan selamat yang disertai dengan sorak sorai penonton . Dan sekarang konsentrasi penonton tidak pada si pemuda tapi kepada anak kecil karma penasaran kepada kebranian yang di miliki anak tersebut. Karma penasaran apa yang membuat anak kecil tersebut brani salah seorang penonton bertanya kepada anak kecil tersebut” nak apa yang menyebabkan kamu berani mengajukan diri untuk mau menyeberangi air terjun tersebut padahal berbahaya bagi kamu ”
“karma dia adalah ayahku”. Jawab anak kecil itu singkat.



ΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩΩ

AL HIKMAH : hikmah apa yang dapat kita ambil dari cerita tersebut ya hanya 2 kata “PERCAYA DAN dan MEMPERCAYAKAN”. Kita seharusnya dapat mengambil pelajaran dari seorang anak kecil tersebut bagai mana dia mampu percaya dan juga mempercayakan dirinya kepada ayahnya walaupunitu berbahaya bagi dirinya. Tapi yang menjadi pertanyaan apa yang membuat anak itu mampu percaya kepada ayahnya pasti ada sebabnya? Jawabannya karma anak itu tau siapa ayahnya,sifatnya,prilakunya, dan dia mempunyai keyakinan bahwa tidak mungkin seorang ayah tega mencelakakan anaknya sendiri.
Yang menjadi pertanyaan sekarang sudahkah kita “percaya dan mempercayakan “ diri kita kepada ALLAH yang memberi kita segalanya yang kita butuhkan. Mungkin jika semua orang ditanya percayakah anda bahwa zakat itu dapat menambah harta anda,dapat menyucikan harta anda ,dapat menolak kemudorotan pada anda dll. Pasti banyak orang yangakan menjawab percaya tapi apakah kita mungkin juga termasuk saya sudahkah kita mempercayakan harta kita untuk kita sisihkan untuk zakat. Mungkin jika ditanya apakah kita percaya jika sholat dapat mendekatkan diri kita kepada ALLAH,dapat menenangkan hati kita , mungkin kita semua akan menjawab percaya tapi sudahkah kita mempercayakan waktu kita,diri kita untuk melaksanakan sholat,memperbagusnya,menjadikan sholat kita berkualitas sudah kita melakukannya? Sebuah pertanyaan bagi kita semua?
“jika kita hanya sekedar percaya itu menendakan penyerahan diri kita yang tidak lengkap,yang tidak utuh,hanya setengah-setengah kepada apa yang kita percayai.percaya merupakan langkah awal dari kita mempercayakan. Dan langkah yang kita harus tempuh untuk kita mampu menuju jejnjang mempercayakan :
1) Kita harus tahu siapa yang kita percayai
2) Mengetahui sifat-sifatnya
3) Pastikan yang kita percayai itu ada


PERCAYA (lisan&hati)————-MEMPERCAYAKAN (tindakan)
JIKA KITA MAMPU MELAKSANAKAN PERBUATAN TERSEBUT TUNGGULAH KITA PASTI MENDAPAT SESUATU ATAS APA YANG KITA PERCAYAKAN DAN KITA PASTI MENDAPAT BALASAN DARI SESUATU YANG KITA PERCAYAI
ada AKSI ————————————— REAKSI

About qolbussalam

perjuangan adalah seni kehidupan

Posted on 05/09/2010, in Home, iman and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: