SEEKOR BURUNG


Al kisah disebuah Negara kanada harus melakukan migrasi ke daerah selatn jika menghadapi musim dingin . hingga ada satu ekor burung yang menginginkan tetaptinggal didaerah tersebut dan berusaha menyakinkan dirinya sendiri bahwa dia pasti bias menghadapi masa sulit tersebut “ Aku pasti bias menghadapi musim dingin ini, toh banyak hewan lain yang mampu menghadapinya kenapa aku tidak ?” kata burung kanada tersebut.

Akibatnya manakala burung lain berbondong bondang pergi terbang ke selatan menuju daerah yang lebih hangat , dia tetap tinggal dalam dekapan musim dingin yang semakin menusuk, menjelang beberapa hari si burung tinggal disitu dia mulai menyadari kesalahannya dan mulai menyesali apa yang telah dia lakukan sebab udara dingin semakin menusuk tubuhnya. Tidak pernah ia merasakan kedinginan seperti ini  bahkan dalam kondisi seperti itu dia juga tidak dapat menemukan makanan untuk dia makan. Akhirnya dia menyadari  bahwa dia harus pergi dari tempat itu dan mencari tempat yang lebih hangat  untuk bias bertahan hidup. Maka iapun mulai terbang ke selatan .


Setalah beberapa lama ia terbang , turunlah hujan , tetesan air hujan di musim dingin itu pun mengenai sekujur tubuhnya  hingga sayapnya mulai terasa tidak bisa digerakkan karena mulai membeku. Dia pun sadar bahwa tidak mungkin lagi terbang  lebih lama. Diapun tahu bahwa dirinya pasti akan mati jika keadaanyya terus begini lama-lama tubuhnya akan membeku. Diapun akhirnya mengambil keputuan  untuk segera mendarat dan sambil berharap dia mampu bertahan hidup. Akhirnya pun dia medarat disebuah peternakan hewan  dan tepat dikandang seekor sapi. Pada  saat mendarat rupanya burung itu jatuh karna tubuhnya sudah setengah membeku dan kelelahan.  maka lewatlah seekor sapi  tepat melangkahinya  lalu buang hajat tepat di atas tubuh burung itu. Tak ayal , siburung malang itupun benar benar jijik  dengan benda yang menimpa dirinya tersebut, dan diapun mulai menggerutu” sial sudah mau mati , ditimpa tinja pula’’’” kata siburung.

Apa daya, diapun bersiap untuk mati  karne tida tahan  dengan bau kotoran sapi tersebut . akan tetapi kira kira 2 menit kemudian ternyata dia masih hidup dan masih mampu menarik nafas. Sepertinya sang burung    mulai menemukan suatu keajaiban , perlahan lahan tubuhnya mulaihangat dan se yang melekat ditubuhnya mulai mencair . otot ototnya taf\dak lagi kaku dan mulai dapat bergerak. Ternyata semua itu berkat kotoran sapi yang masih hangat yang menimpa dirinya sehingga dia masuh mampu bertahan hidup. Akhirnya pu rasa suka cita memenuhi dirinya karna ia sadar bahwa dirinya masih hidup untuk sekarang, sang burungpun tampak kegirangan  dan mulai bernyanyi sebagai rasa senangnya.

Ketika itupula ada seekor kucing yang tertidur didekat kandang sapi itu terbangun karna suara nyanyian sang burung . lalu dengan rasa penasaran sang kucing berusaha mencari tahu asal bunyi tersebut dan rupanya ia dapati seekor burung . maka kucing itu mendekati sang burung dan bertanya “hai sang burung mengapa kamu begitu ceria sekali sampai badanmu yang bau seolah tak kau hiraukan “ kata sang kucing . burung pun menjawab  “ begini teman aku tidak jadi mati membeku “ dan sang burung menceritakan apa yang telah dialaminya? Setelah mendengar cerita sang burung akhirnya sang kucing menawari untuk membersihakan kotoran yang ada pada tubuhnya, dan sang burungpun dengan senang hati menerima tawaran sang kucing setelah sang burung mandi dan bersih san kucing mendekatinya dan berkata “ wah aku lama sekali tidak makan burung “? Rupanya sang burung tak menyangka bahwa dia akan dimakan sang kucing Dan akhirnya sang burungpun mati dimakan sang kucing  !!!!!

@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

TEMAN  ada pelajaran yang menarik yang dapat kita ambil dari kisah diatas, rupanya tidak semua yang mengkotori kita adalah musuh dalam kehidupan kita. Tapi terkadang kita sudah melakukan penilaian kotor terhadap orang tersebut, padahal pada kenyataannya secara tidak langsung  orng tersebut sudah menjadi jalan kita dalam meraih keberhasilan. Silahkan kita lihat banyak orang yang berhasil karna dia dihina, banyak orang yang berhasil karna ia di buang, banyak  orang berhasil karna dia diremehkan dan banyak lagi orang-orang yang berhasil karna sebuah celaan.tapi orang orang yang berhasil itu mampu bagaimana cara menyikapi hal hal tersebut mereka menjadikan celaan tersebut atau kekurangan terseuat sebagai pelecut bagi diriinya untuk berhasil dan mendaoatkan sesuatu yang akan dianggap tidak mungkin diraihnya!

Maka sebab itulah dalam hidup ini kita dihimbau untuk tidak langsungdan serta merta memberikan penilaian buruk terhadap seseorang hanya karna ia mungkin mengkotori kita dari segi pandang kita atau pun ia mungkin pernah kotor dalam hidupnya. Ternyata tidak semua yang membersihkan kotoran tersebut adalah teman kita . banyak upaya yang dilakukan terkesan menolong kita namun sebaliknya justru dialah yang menjatuhkan kita. Didepan terkesan baik namun dibelakang  dia adalah musuh dalam selimut, itulah sebabnya menilai seseorang tidak dapat dilakukan dari sekedar melihat penampilan luar saja namun kenalilah pula penampilan dalamnya

About qolbussalam

perjuangan adalah seni kehidupan

Posted on 09/10/2010, in nilai diri and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: