Sang Penyelam


Alkisah di  sebuah pulau yang kaya akan kekayaan alamnya hiduplah seorang nelayan yang sangat ahli dalam menyelam karna keahliannya itupun dia dijuluki sang penyelam. Pulau yang ditinggali sang nelayan itu sangat terkenal hingga keluar negeri maka tak jarang banyak wisatawan asing yang ingin meliput keindahan alam tersebut salah satu yang paling diminati wisatawan asing adalah keindahan bawah lautnya.  Hingga suatu hari datanglah seorang wartawan asing yang ingin meliput keindahan bawah laut dipulau tersebut ,maka wartawan itupun memutuskan untuk menjadikan nelayan tersebut sebagai pemandu karna ia berfikir bahwa si nelayan pasti tahu banyak tempat yang indah karna profesinya sebagai nelayan. Akhirnyapun sang nelayan menyetujuinya,dan hari penyelaman pun tiba sang wartawan itu ingin meliput keindahan bawah laut mulai dari yang kedalaman yang sedang, dalam dan sangat dalam  untuk mengetahui semua macam makhluk hidup yang ada di 3 kedalamman tersebut.


Akhirnya mereka meluncur ketempat yang pertama dengan kedalaman sedang, sang wartawan pun mulai memakai perlengkapan menyelam mulai dari baju,tabung oksigen dan papan khusus untuk menulis didalam air, tetapi sang nelayan tidak memakai perlengkapan apapun sehingga membuat sang wartawan bertanya wartawan” : mengapa anda tidak menggunakan perlengkapan menyelam “   sang nelayan:” tidak usah tuan profesi saya itu nelayan jadi kalau soal selam menyelam saya sudah terbiasa “ . setelah mendengar jawaban tersebut sang wartawan hanya mengangguk dan mereka bergegas terjunke air lalu menyelam. Sang wartawan berada diibelakang sang nelayan dan sambil mengamati keindahan bawah laut rupanya sang wartawan juga memperhatikan  sang nelayan  rupanya sang nelayan mampu berada didalam air sampai 15 menit hanya dengan satu kali ambil napas . melihat kejedian tersebut sang wartawan menulis “ wah bapak hebat banget “ lalu sang nelayan segera mengambil papan itu dan menulis “ saya udah biasa menyelam”.

Akhirnya mereka selesai menyelam di kedalaman sedang mereka menuju kedalaman yang lebih dalam, kembali lagi sang nelayan tidak memakai  peralatan menyelamnya akhirnya mereka kembali menyelam cukup lama mereka menyelam hampir 17 menit tapi sang nelayan masih snggup berada di dalam air  malah sekarang gerakan sang nelayan lebih luwes dan mampu bergerak dengan bebasnya kembali sang wartawan menulis “ wah bapak bener –bener hebat  luar biasa”  kembali sang nelayan mengambil papan tersebut dan menulis  “biasa lagi “. Setelah selesai mereka kembali kekapal dan melanjutkan penyelaman terakkhir di kedalaman yang sangat dalam. Rupanya dari apa yang dikatakan sang wartawan membuat tersanjung sang nelayan maka didalam hati dia berkata “ saya akan memperlihatkan penyelaman yang tak akan pernah dilupakan oleh sang wartawan” rupanya sang nelayan berencana akan memperlihat kan gerakan yang lebih gesit, lebih luwes dan tentunya menyelam lebih lama lagi. Maka ketika sampai ditempat yang dituju sang nelayan langsung melompat ke air dan meninggalkan sang wartawan lalu sang wartawan pun segera menyusul sang nelayan  yang lebih dulu menyelam. Karna posisi sang wartawan berada di belakang sang nelayan sang wartawan mengamati terus tingkah laku sang nelayan . akhirnya pada suatu saat setelah cukup lama menyelam  sang wartawan terheran heran karna ang nelayan belum mengambil naas dari tadi dan dia memperhatikan terus gerak gerik sang nelayan. Sang wartawan memPerhatkan sang nelayan dia bergerak kesana kemari gerakkan nya semakin menjadi jadi seolah oleh begitu bersemangat dan gerakannya semakin tak beraturan lalu sang artawan tidak kalah semangatpun berusaha mengikuti gerakan sang nelayan tapi tidak mampu karna sang nelayan bergerak terlalu sepat. Sang wartawanpun semakin kagum dan kembali menulis dipapan “amazing luar biasa  bapak adalah penyelam yg paling hebat yang pernah  saya temui” dan dengan segera sang nelayan mengambil papan itu dan menulis balasan  “ tolooong saya ini tenggelam”? . Ternyata gerakan tersebut bukan gerakan yang ingin ditunjukan sang nelayan supaya kagum terhadap dirinya tetapi yang ditunjukkan adalah gerakannya orang yang sedang tenggelam oo…..?

Teman dari cerita diatas apa perbedaan orang penyelam dengan orang tenggelam semuanya sama sama berada di air lalu semuanya sama sama orang? Ya.. perbedaan nya adalah sang penyelam mempersiapkan semua hal yang akan terjadi  di dalam air  tapi sang tenggelam dia merasa bahwa dirinya bekal sudah cukup untuk menghadapi dunia yang penuh kemungkinan. Ya.. mungkin sekarang kita selau mengerjakan sholat,zakat dan mungkin ibadah ibadah lain. Mungkin karna rutinitas ibadah ibadah tersebut kadang kita merasa bahwa surga sudah digenggam. Tapi lihatlah lah teman si ahli apapun dia jika dia tidak mampu mengendalikan hatinya,pikirannya dan tingkah laku nya dia juga akan terjatuhjuga > temaan jangan puas atas ibadah yang kita perbuat sekarang kita harus berusaha untuk menjadi orang yang mampu mnyiapkan bekal kita di akhirat kelak .

Karna kita tidak bisa menjamin atas apa yang terjadi di akhirat kelak pada saat kita mati. Kalua kita merasa cukup atas apa yang kita kerjkan sekarang bagaimana kalua kita mati dan akhirnya neraka didepan kita. Teman kita pasti kita aakan menyesal dan jika boleh kita pasti ngin kebali didunia  untuk berbuat sebaik baiknya tapi semua itu pasti tidak akan terjadi maka dari itu kita harus mempergunakan hidup didunia sekarang ini untuk menjadi persiapan kelak kita di akhirat

“gunakan lah 5  pekara sebelum 5 perkara lain datang

  • Sehat sebelum datangnya sakit
  • Muda sebelum datangnya tua
  • Kaya sebelum datangnya miskin
  • Lapang sebelum datangnya sempit
  • Hidup sebelum datangnya mati  ( al-hadits)

“Dan masih banyak hikmah dari cerita tersebut silahkan gali lagi semoga bermanfaat”

About qolbussalam

perjuangan adalah seni kehidupan

Posted on 30/10/2010, in nilai diri and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: