Keutamaan ilmu


ILMU DAN KEUTAMAAN ILMU SERTA HAL-HAL YANG BERKAITAN DENGANNYA

Allah berfirman,

………….Katakanlah: “Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran. (QS az-zumar(39)ayat:9)

……….Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (al-mujadillah(58)ayat11)

………..Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah oraang-orang yang berilmu (ulama)…..   (QS fathir(35)ayat28)

Ibnu abbas radhiyallahu anhumm berkata “ orang –orang yang berilmu mempunyai derajat sebanyak tujuh ratus kali derajat orang –orang  mukmin jarak diantara dua derajat ini terbentang sejauh  perjalanan selama lima ratus tahun

Di dalam ash-shahihain disebutkan dari hadits muawiyah bin abu sufyan dia berkata aku pernah mendengar  Rosullah saw bersabda

مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقّهْهُ فِى الدّيْنِ

“barang siapa yang Allah menghendaki suatu kebaikan pada diri nya maka Allah akan memberinya kefahaman masalah agama padanya”. (HR Bukari dan Muslim)

Dari abu umamah ra dia berkata “ rasulullah saw pernah ditanya tentang dua orang , yang satu ahli ibadah dan yang satunya lagi orang yang berilmu maka beliu menjawab “kelebihan orang yang berilmu atas ahli ibaadah , sama dengankelebihan atas orang yang paling hina diantara kalian

Setelah itu beliau bersabda ,

**

Sesungguhnya Allah dan para malaikatNya , penghuni langit dan bumi termasuk pada semut didala liang ,termasuk pula ikanpaus , benar-benar bershalawat kepada orang-orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia”                ( HR At-Tirmidzy)  *)

Dan dalam hadits lain disebutkan

**

Kelebihan orang yang berilmu atas ahli ibadah ialah seperti kelebihan rembulan pada malam purnama atas seluruh bintang gemintang. Sesungguhnya orang orang yang berilmu itu adalha para pewaris nabi –nabi . merreka (nabi-nabi) itu tidak mewariskan dinar dan dirham , tetapi hanya mewariskan ilmu. Barangsiapa mengambil ilmu itu , berarti dia telah mengambil bagian yang banyak (ibnu majah dan ibnu hibban)

Ket   *)  at Tirmidzy , hadist no 2765 menurutnya ini adalah hadits gharib , ad darimy meriwayatkan secara mursal dari makhul.

Shalawat Allah kepada manusia ialah berupa pemberian rahmat kepadanya . shalawar malaikat , manusia dan juga makhluk kepada manusia ialah berupa permohonan doa kepada Allah agar Dia memberkahinya. Shalawat kita kepada Rasullah saw ialah berupa permohonan kepada Allah agar Dia merahmati dan memberkahi beliau, sekaligus sebagai syafaa”at bagi kita di akhir

Dari shafwan bin Assal Radhiyallahu Anhu  bahwa nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam   bersabda,

**

“sesungguhnya para malaikat benar-benar meletakkan sayapnya kepada oran –orang yang mencari ilmu , karena ridho terhadap apa yang dicarinya” ( HR al imam ahmad dan ibnu majah)

Menurut al-Khaththaby, meletakkan sayap di sini ada tiga pengertian :

  1. Bisa berarti membentangkan sayapnya.
  2. Bias merendahkan dan menundukkannya , karena hendak menyampaikan hormat kepada orang yang mencari ilmu.
  3. Malaikat itu sendiri turun ke majlis ilmu ,menunggui dan tidak terbang dari sana

Dari abu Hurairah Radhiyallahu Anhu dia berkata “ Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam  bersabda,

**

“barang siapa meniti suatu jalan untuk mencari ilmu , maka Allah memudahkan jalan baginya ke surge “ (HR Muslim)

Diriwayatkan dari Rasullullah Shallallahu Alaihi wa Sallam  , beliau bersabda,

**

“barang siapa didatangi kematian pada saat dia sedang mencari ilmu yang dengan ilmu itu dia hendak menghidupkan islam , maka antara dirinya dan para nabi (hanya) ada satu derajat di surgaHR ATh-Thabrany dan ad _darimy)  *)

Sebagian orang bijak berkata “ aduhai mengapa ad aorang yang idak sempat mencari ilmu  dan mengapa ada ilmu yang tidak sempatdicari ?

 
   

Ket   *) menurut ath thabrany di dalamnya ada Muhammad bin al-ja’d yang matruk. Hadits ini hasan mursal.

Tentang keutamaan mengajarkan ilmu, telah disebutkan da dalam ash-shahihain  dari Sahl bin sa”d Radhiyallahu Anhu , bahwa rosulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam  bersabda kepada Ali bin abu thalib,

**

“Lebih baik bagi dirimu jika Allah memberikan petunjuk kepada satu orang laki-lai lewat dirimu daripada engkau memiliki himar yang paling bagus”

Ibnu abbas berkata  “ sesungguhnya orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain , maka setiap hewan yang melata akan memohonkan ampunan baginya , termasuk pula ikan paus di lautan “ ada pula satu riwayat lain yang di marfukan  kepada nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam  , serupa dengan ini.

Jika ada orang yang bertanya “ bagaimana mungkin ikan paus emmohonkan ampunan bagi orang yang mengajarkan ilmu ?”

Jawabannya  : karena manfaat ilmu itu meliputi segala sesuatu, termasuk ikan paus. Orang –orang yang berilmu tentu tahu apa yang boleh dilakukan dan apa yang dilarang. Mereka tentu akan memberikan nasihat agar berbuat santun kepada egala sesuatu , termasuk terhadap hewan yang disembelih dan ikan paus. Karena itu Alllah mengilhamkan kepada setiap makhluk ,berupa permohonan ampunan bagi orang-orang yag berilmu itu sebagai balasan dari perbuatan mereka  yang baik.

Dari Abu musa Radhiyallahu Anhu dia berkata Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam   bersabda  “sesungguhya perumpamaan petunjuk dan ilmu yang aku diutus Alllah dengannya ,  seperti hujan yang turun di bumi, sebagian di antaranya ada yang berupa tanah bagus yang menghisap air , lalu menumbuhkan rerumputan yang banyak . diantara bumi itu ada pula yang berupa tanah gundul yang bisa menahan air . Allah memberikan manfaat dengannya sehingga mereka bisa meminum, mengairi dan menanam. Sebagian hujan itu ada pula yang jatuh ke bagian lain , yang hanya berupa lembah , tidak dapat menahan air dan uga tidak dapat menumbuhkan rumput. Yang demikian inilah perumpamaan orang orang yang memahami agama Allah dan Allah memberikan manfaat kepadanya seperti yang karenanya aku diutus, lalu dia mengetahui dan mengajarkan  begitu pula perumpamaan orang yang tidak mau mengangkat kepalanya kepada yang demikian  ini dan tidak menerima petunjuk Allah yang karenanya aku diutus (HR Bukhari dan Muslim)

Perhatikan secara seksama hadits ini dan apa yang terjadi di tengah kehidupan manusia. Para ahli fiqih adalah orang-orang yang paling tinggi tingkat pemahamannya. Mereka bisa diibaratkan sepetak tanah yang menyerap air lalu menumbuhkan tetumbuhan dan rerumputan, karena mereka mendalami ilmu dan memahaminya, mengetahui cabang-cabang ilmu dan mengajarkannya. Sedangkan para ahli hadits yang menukilberbagai riwayat, tidak diberi ilmu fiqh dan pemahaman yang lebih mendalam. Mereka ini diibaratkan tabah gundul yang menahan resapan air . sehingga banyak orang yang bisa mengambil manfaat dari mereka . sedangkan orang-orang yang hanya mendengar , tidak mau belajar dan tidak mau meng hapal, maka mereka adalah orang-orang awam yang bodoh.

Hasan Radhiyallahu Anhu pernah berkata “ andaikata tidak ada orang –orang yang berilmu, tentu manusia tak berbeda dengan binatang”

Mu’adz bin jahal Radhiyallahu Anhu pernah berkata  “pelajarilah ilmu, karena mempelajari ilmu karna Allah itu mencerminkan ketakutan. Mencarinya adalah ibadah,mengkajinya adalah tasbih, mencarinya adalah jihad , mengajarkannyakepada orang yang belum mengetahui adalah shadaqah ,membelanjakannya untuk keluarga adalah taqarub. Ilmu adalah pendamping saat sendirian dan teman karib saat menyepi.”

Ka’b Radhiyallahu Anhu berkata “ Allah mewahyukan kepada Musa Alaihis Salam pelajarilah kebaikan wahai Musa dan ajarkanlah kepada manusia , karena Aku membuat kuburan orang yang mengajarkan kebaikan dan mempelajarinya bercahaya, hingga mereka tidak merasa kesepian di tempatnya”   (Kitab Minhajul Qoshidin)

About qolbussalam

perjuangan adalah seni kehidupan

Posted on 31/12/2010, in Home and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: