Omar Mukhtar **Singa Padang Pasir** (Jilid 1)


“Aku boleh mati tapi perjuanganku untuk meraih kemerdekaan dan kebebesan, perjuangan melawan ketidak adilan dan keserekahan kaum imperalisme , tidak boleh berhenti dan harus diteruskan!”

—Omar Mukhtar—

16 september 1931, ketika itu Omar muktar digantung setelah ditangkap oleh penjajah Italia. Ia membangkitkan perlawanan diseantero Libya agar rakyat melawan tiran dan mengusir penjajah dari negerinya. Perjuangan yang dikobarkannya berakhir dengan hukuman gantung. Omar Mukhtar dihukum gantung bersama beberapa pejuang yang menemaninya sampai akhir nafas dibadan. Sebelum dihukum gantung, omar mukhtar meminta waktu waktu untuk menegakkan sholatdua rekaat. Dan setelah ditunaikan sholat tersebut omar mukhtar berkata dengan lembut dan tenang, “Aku boleh mati tapi perjuanganku untuk meraih kemerdekaan dan kebebesan, perjuangan melawan ketidak adilan dan keserekahan kaum imperalisme , tidak boleh berhenti dan harus diteruskan!”.

Dan hari itu, ketika kabar kematiaanya menyebar, keseluruh dunia bergerak melawan. Ide Pan-Islamisme yang telah ditanamkan oleh Syeikh Jamaluddin al Afghani, Syeikh Muhammad Abduh dan Sayyid Rasyid Ridha, menjadi katalisator perlawanan pada kekuatan kolonialisme. Dalam sejarah Italia, nama Omar mukhtar adalah sejarah berat yang harus dilalui Negara ini pada masa kolonialisme italia hampir bangkrut karena perlawanan yang dikobarkannya diseantero Libya.omar mukhtar sejatinya adalah seorang guru mengajai. Guru yang sederhana  yang bertugas mengajarkan anak-anak dan pemuda untuk membaca Al-Qur’an dan mentadaburinya.Dan justru karena posisinya sebagai guru mengaji itu pula ia bangkit dan melawan penjajahan. Karena amanah Al-qur’an kepada orang-orang  beriman adalah melawan kezaliman dan menghapus ketidak adilan.

Al jabal Akdar atau gunung hijau yang berada diwilayah tengggara Libya menjadi tempatnya menggembleng para pejuang. Al jabal al kadar adalah markas perjuangan omar mukhtar. Ketika kehidupan damai dinegeri-negeri yang tenang, mulai terusik oleh keserakahan Negara-negara colonial dari benua Eropa. Negara-negara itu mengirimkan ekspedisi-ekspedisi ketanah yang jauh untuk menuntaskan kebutuhan mulut dan perut juga syahwat mereka. Pada tahun 1911, kapal-kapal yang konon untuk berdagang milik italia bersandar dan merapat dipelabuhan Tripoli. Kala itu, Tripoli adalah salah satu wilayah dalam lindungan dan kekuasaan khalifah Turki Utsmani. Mereka hidup tenang,damai dan nyaman.

Italia mengirim ultimatum kepada khalifah utsmani untuk menyerahkan Tripoli kepada negeri fasis ini. Jika dalam waktu tertentu tidak ada pernyataan dari khalifah utsmani maka tak segan-segan italia akan masuk dan merebut Tripoli dengan cara kekerasan. Pesanyang tegas dan pasti dikirimkan oleh khalifah dan seluruh rakyat di Libya, bahwa mereka menolak kehadiran penjajah dibumi mereka. Maka dengan sangat arogan, selama tiga hari tiga malam Tripoli dihujani bom-bom yang dilontarkan oleh kapal-kapal italia. Dan inilah awal periode perjuangan kaum muslimin dilibya melawan penjajah italia. Setahun kemudian  1912, khalifah utsmani turki dipaksa untuk meneken perjanjian di Switzerland agar menyerahkan Tripoli. Meski khilafah utsmani yang sudah keropos didalam, kerena para penjabatnya yang sudah korup dan dirusak oleh para konspirator yahudi, akhinya menandatangani perjanjian di kota Lausanne itu, Istanbul akhirnya menyerahkan Tripoli kepada italia tapi rakyat Libya menolak untuk mundur. Mereka meneruskan perlawanan.dan diam-diam khalifah utsmani turki mengirimkan pangliam-panglimapilihannya yang masih setia untuk membantu perjuangan rakyat Libya.

Bersambung……..

******** (insyaallah akan diteruskan dipostingan berikutnya)*******

About qolbussalam

perjuangan adalah seni kehidupan

Posted on 30/09/2011, in Kisah Para Pejuang and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: