Hasan Al-Banna **Guru Para Syuhada** (jilid 1)


“Di dunia ini, dari banyaknya jumlah manusia hanya sedikit saja dari mereka yang sadar. Dari sedikit yang sadar itu hanya sedikit yang ber-Islam. Dari sedikit yang ber-Islam itu hanya sedikit yang berdakwah. Dari mereka yang berdakwah lebih sedikit lagi yang berjuang. Dari mereka yang berjuang sedikit sekali yang bersabar. Dan dari mereka yang bersabar hanya sedikit sekali dari mereka yang sampai akhir perjalanan”

“Waktu yang ada  jauh lebih sedikit dari tugas yang harus kita selesaikan dengan sempurna”

-Hasan Al Banna –

 Betapa mengagumkan kisah laki-laki ini. Seluruh hisupnya dipenuhi dengan  peristiwa heroik yang membuktikan bahwa ia memang seorang laki-laki yang mencintao kebenaran melebihi apapun. Kecintaannya  yang tak berhenti pada khayalan dan   pilkiran belaka tetapi berlanjut dengan aksi, dengan gerakan dan pada perbuatan yang mencengangkan.

Mahmudiyah adalah sebuah wilayah yang indah diprovinsi buhairoh, 90km dari kairo,mesir. Kota yang dipenuhi manusia-manusia ramah dan berbudi. Para ulama dan guru agama hampir bisa ditemui disetiap sudut kota tempat orang mendapatka jawaban atas pertanyaannya. Keluarga-keluarga membesarkan anaknya dengan ilmu0ilmu agama. Mereka juga mengajarkan hadis dan sastra.

Dilingkungan seperti itulah, seorang bayi lahir yang kelak diberi nama hasan al-banna, nama itu mempunyai arti sang pembangun kebaikan. 17 oktober 1906, hasan al-banna lahir ditengah-tengah keluarga yang membesarkannya dengan islam. Ayahnya , syaikh ahmad abdurahman al-banna al-sa’ati adalah seorang ahli fiqh dan pakar hadits. Namun , dikemudiamn hari hasan al-banna justru memberikan sebutan ayah bukan pada ayahnya  tapi : “islam adalah ayahaku satu-satunya” ucap hasan al-bannna sejak ia belia.

Selain sebagai seoranhg ulama , ayahnya adalah seorang pengusaha arloji yang cukup berhasil. Dari usaha seperti itulah ayahnya menyejaterahkan keluarganya . bahkan untuk membiayai penulisan buku-buku fiqh yang dikarangnya sendiri. Rumah keluarga ini memiliki perpustakaan pribadi yang kelak  menjadi bekal utama pertumbuhan intelektual hasan al-banna.

Hasan al-banna adalah putra sulung dari lima bersaudara yang semuanya laki-laki. Didalam keluarganya, tradisi intelektual tumbuh dengan subur . maklum ayahnya juga ternyataseorang jurnalis, redaktur-redaktur yang membidangi subyek sirah dalam majalah al-Urwat al-Wustqa yang dipimpin oleh syeikh jama;udin al-afghani , seorang tokoh besar dalam sejarah pergerakan islam didunia dengan gagasan pan islamismenya. Karenanya tak mengherankan jika pada usia 12thn , hasan al-banna telah termotivasi untuk menghafal separuh dari ayat-ayat al-quran . apalagi sang ayah , tak berhenti-hentinya menyemangatiagar anaknya menuntaskan hafalan yang ia sebut sebagai utang yang harus ditunaikan oleh –orang-orang besar . akhirnya pada usia 14 tahun 30juz al-quran ia hafalkan , sejak belia hasan al-bannna telah dikepung dengan kegelisahan mendalam. Mesir berada dibawah penjajahan inggris saat itu . dan seperti semua wilayah yang sedang dijajahi,terjadi kerusakan prilaku dimana-mana. Pada saat yang sama prilaku orang-orang terhadap agamanya, islam juga telah membuat dirinya risau,saat ia berusia 13 thn ia telah bergabung dengan sebuah demonstrasi besar untuk menentang penjajahan inggris tahun 1919. Keadaan yang susah dan tak mapan selalu lebih cepat mendewasakan orang-orang yang ada didalamnya .termasuk hasan al-banna . karenanya sejak kecil  ,jiwa pemberani dan pemimpin telah tampak dalam dirinya.

About qolbussalam

perjuangan adalah seni kehidupan

Posted on 19/10/2011, in Kisah Para Pejuang and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: