Yang Sejati Yang Sulit Dicari…


Yang sejati itu selalu dilandaskan dengan kasihNya, untuk mendapatkannya dibutuhkan pengorbanan, untuk menjaganya dibutuhkan perjuangan, untuk mengakrabkannya dibutuhkan pengertian dan untuk melanggengkannya dibutuhkan kesetiaan. Yang sejati itu memang sulit dicari tapi jika kita sudah mendapatkkannya kesulitan itu terbayar dengan penuh kemanisan bahkan lebih manis dari apa yang kita bayangkan. Maka jika kita sudah menemukan yang sejati itu jangan sekali-kali melepaskannya hanya karena masalah kecil karena belum tentu kita akan menemukannya seperti apa yang pernah kita temukan.

Teman sejati itu sangat susah dicari, karena kesejatiann itu diperlukan banyak hal yang tidak disukai banyak orang. Didalamnya seseorang harus siap berkorban, berjuang,menerima ,menolong, mengerti dan berbagi. Padahal dari banyaknya orang didunia ini hanya sedikit yang mau berkorban untuk orang lain, hanya sedikit yang mau berbagi dan hanya sedikit yang mau mengerti. Maka jika kita mendapat orang-orang yang rela berbagi dengan kita, rela berkorban untuk kita dan berjuang bersama kita pada hakikatnya kita telah mendapat orang-orang pilihan didunia ini untuk diri kita , maka jagalah ia , karena hanya sedikit orang yang akan memiliki hal yang demikian . apalagi sebuah pertemanan yang diiikat oleh perjuangan disisi-Nya , yang selalu mengingatkan kita pada-Nya dan selalu meluruskan konsep kita, bahwa apa yang kita tuju hanya  kembali kepadaNya,

“ dan Allahlah yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman). walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha gagah lagi Maha Bijaksana.”(QS al-aanfal(8) ayat 63)

Manusia itu adalah makhluk yang diciptakan Allah paling baik dan sempurna tetapi apa yang dilakuakannya  tidak selalu sempurna dan tidak semuanya baik.

Hal yang harus kita perhatikan adalah setiap orang pasti mempunyai kekurangan dan kelemahan,  Tetapi jangan prenah kita meninggalkan teman sejati kita hanya hal-hal  yang semacam itu karena hal semacam itu juga terdapat didalam diri kita , kita juga punya kekurangan , kita juga punya kelemahan dan kita juga pernah salah. Disitulah letaknya saling pengertian dipakai, pengorbanan diperjuangkan, keiklasan dalam menerima terajut dan saling menasehati dalam kebenaran selalu berusaha diwujudkan.  Bersabarlah karena apapun yang terjadi mempunyai teman seperti mereka yang selalu mengingatkan kita Pada Allah dan berjuang bersama dalam perjuangaan mulia, pasti akan menghantarkan kita pada jalan yang diberkahinya.

“dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” (QS Al-Kahfi(18) ayat 28)

melewati lorong waktu, menyusuri jalan-jalan dunia yang penuh tipu daya, dengan kebersamaan. menaapaki pergiliran pagi, siang, petang dan malam, yang penuh liku, dengan persahabatan dalam keimanan. Di dunia ini, kita harus saling berpegangan tangan. Kita tak mungkin selamat mengharungi bahtera kehidupan yang sangat luas dengan ancaman badai fitnah ini, seorang diri. Kita tak dapat lolos dari ancaman fitnahnya dengan hanya mengandalkan kemampuan sendiri.

Jangan sampai teman sejati dalam keimanan kita ditukar  hanya dengan gemerlapnya tipuan  dunia, apalagi kalau kita meninggalkan mereka hanya untuk memilih teman – teman yang mengharap kepada hal dunia semata, menyibukkan kita akan urusan dunia dan menghantarkan kita akan kelalain menuju kehidupan akhirat , padahal sebelumnya petunjuk telah datang kepada kita,  tetapi kerena salahnnya kita mengambil dan memilih teman,  membuat kita lalai dari jalanNya , maka kecelakaan besarlah kita

“dan (ingatlah) hari (ketika itu) orang yang zalim menggigit dua tangannya, seraya berkata: “Aduhai kiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama-sama Rasul”. kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan sifulan itu teman akrab(ku).  Sesungguhnya Dia telah menyesatkan aku dari Al Quran ketika Al Quran itu telah datang kepadaku. dan adalah syaitan itu tidak mau menolong manusia”  (QS Al-Furqan 27-29)

Kebersamaan dan pertemanan di jalan Allah lah yang akan menghantarkan kita menyelesaikan hidup dengan kebaikan. Persaudaraan, kebersamaan dan persahabatan di jalan Allah lah yang juga akan mengiringi kita pada kebahagiaan akhirat. Allah SWT memberitakan bahwa hanya pertemanan atas dasar iman dan takwalah yang abadi.

“ teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.” (QS az-zukruf (43) ayat 67)

“Di sekitar Arasy ada menara-menara dari cahaya. Di dalamnya ada orang-orang yang pakaiannya dari cahaya dan wajah-wajah mereka bercahaya. Mereka bukan para nabi atau syuhada’. Para nabi dan syuhada’ iri kepada mereka. Ketika ditanya para sahabat, Rasulullah SAW menjawab, “Mereka adalah orang-orang yang saling mencintai kerana Allah, saling bersahabat kerana Allah dan saling kunjung mengunjungi kerana Allah.” (Al Hadits)

Yang sejati itu terdiri dari banyak hati , tetapi mereka menyatukan hatinya menjadi hati yang satu. Membariskan visi dan misi, meletakkan ego pribadi, meratakan  kehormatan, menyokong kelemahan,dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan, menjadi perisai dari keburukan dan meletakkan pengertian diatas  dasar jalinan persahabatan. Semaian itu menjadi semaian yang menumbuhkan keehangatan didalam eratnya  kasih sayang dan dengan semaian itu menjadi ornament-ornament terindah dalam setiap isi hati orang yang mengarungi perjuangan Suci.

Semaikan pesahabatan dengan keimanan, pengorbanan dan kesetiaan sehingga bertambah murni menapaki kasih ilahi

About qolbussalam

perjuangan adalah seni kehidupan

Posted on 15/12/2011, in Persahabatan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: