Amal Yang Paling Rahasia


rahasia hati

Dari Shuhaib Ar-Rumiy RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh mengagumkan urusannya orang mukmin itu, semua urusannya menjadi kebaikan untuknya, dan tidak didapati yang demikian itu kecuali pada orang mukmin. Apabila dia mendapatkan kesenangan dia bersyukur, maka yang demikian itu menjadi kebaikan baginya. Dan apabila dia ditimpa kesusahan ia bershabar, maka yang demikian itu pun menjadi kebaikan baginya”. [HR. Muslim]

Apakah amal yang paling rahasia? mungkin Sabar adalah jawaban yang tepat.

Bila engkau mengamalkan agamamu lalu dari kebanyakan orang menhinamu atau mencemoohmu lalu engkau bersabar, maka itu amal rahasia.

Bila engkau merasa benci dengan perkataan suamimu atau cemoohan istrimu lalu engkau bersabar, maka itu adalah amal rahasia.

Bila engkau menyimpan kedukaan atau sakitmu diantara teman-temanmu lalu engkau bersabar, maka itu adalah amal rahasia.

Bila engkau benar-benar ingin menggenapkan agama dengan menikah namun tak kunjung juga takdir itu tiba lalu engkau bersabar, maka itu adalah amal rahasia.

Bila engkau jatuh cinta lalu menjaganya dalam hati, tidak mengungkapkannya di fesbuk, atau menyindirnya dengan puisi atau syair dan engkau bersabar, maka itu adalah amal rahasia.

Bila engkau merasa susah dengan penderitaan yang menimpa keluargamu namun engkau berniat menjaga aibnya didepan orang lain lalu engkau bersabar, maka itu adalah amal rahasia.

Bila engkau sedang mengerjakan kebaikan tapi engkau justru dijauhi teman-temanmu, lalu engkau sabar, maka itu adalah amal rahasia.

Bila engkau sedang difitnah oleh orang lain oleh sesuatu perbuatan yang tidak engkau lakukan dan engkau tidak membalas memfitnahnya, lalu engkau sabar , maka itu adalah amal rahasia.

Bila engkau sedang dicoba dengan kehilangan sesuatu yang engkau cintai lalu engkau bersabar, maka itu adalah amal rahasiamu.

Amal rahasia adalah amal yang ALLAH cintai daripada amal yang ditampak2an, karena pada yang terahasia hilanglah congkak, angkuh, riya, dan takabbur.

Dan kapankah sabar itu tidak lagi rahasia? ketika kita mengeluh. disaat itulah sabar menjadi hilang maknanya.

Maka hindarilah mengeluh, bersebab mengeluh sama dengan membakar amal rahasiamu. kecuali engkau mengeluh kepada ALLAH saja.

Oleh : Ustadz Rahmat Idris

“Dengan Tambahan Seperlunya “

About qolbussalam

perjuangan adalah seni kehidupan

Posted on 26/11/2013, in sabar and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: