Melalui Ujian akan Me-Nampakkan Jati Diri Kita


cobaan membuka jati diriTidaklah Allah Subhanahu wa ta’ala menimpakan Cobaan, Musibah, Kesulitan, kecuali Dia menghendaki kebaikan bagi seorang hamba..
Jika kita mengamati dibalik ujian/cobaan tersebut,
tersimpan keindahan dan kelembutan dalam Sifat RububiyahNya..
Serta mengandung banyak hikmah dan pelajaran bagi hamba-hambaNya..
Sebagaimana Dia yang telah menghendaki kemudahan;
begitu pula Dialah yang menghendaki ujian bagi diri kita..
Sehingga apabila seseorang dalam kesulitan berkeluh kesah lalu mencelanya,
bermakna ia telah mencela Dzat yang telah memberikan kemudahan bagi dirinya!!Sungguh indah ucapan Imam Ibnu Qayyim rahimahullah, beliau berkata:
“Seandainya manusia mengetahui bahwa nikmat Allah yang ada dalam musibah itu tidak lain seperti halnya nikmat Allah yang ada dalam kesenangan, niscaya hati dan lisannya akan selalu sibuk untuk mensyukurinya.” (Syifaa`ul ‘Aliil, 525)

Melalui ujian tersebut akan nampak jati diri dan kualitas seorang hamba,
Allah Ta’ala befirman:
“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan, ‘Kami telah beriman’, sedangkan mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (al-Ankabut: 2-3)
Dari Mush’ab bin Sa’ad dari ayahnya RA, ia berkata : Aku pernah bertanya, “Ya Rasulullah, siapakah manusia yang paling berat cobaannya ?”. Beliau bersabda, “Para Nabi, kemudian orang yang di bawahnya, lalu yang di bawahnya lagi. Seseorang akan diberi cobaan menurut kadar agamanya. Apabila agamanya kuat, akan mendapat cobaan yang berat. Dan jika agamanya tipis (lemah) Allah akan memberinya cobaan menurut agamanya. Maka terus menerus cobaan menimpa pada hamba sehingga ia berjalan di bumi dengan tidak punya dosa atasnya”. [HR. Ibnu Majah, Ibnu Abid-Dunya dan Tirmidzi, ia berkata Hadits Hasan shahih]
Semoga kita senantiasa diberikan kemudahan untuk bersyukur dan bersabar dalam setiap keadaan.. Aamiin..
“Dengan perubahan seperlunya oleh www.qolbussalam.wordpress.com

About qolbussalam

perjuangan adalah seni kehidupan

Posted on 11/01/2016, in nilai diri. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment